Thursday, July 21, 2016
Pembahasan LPM Kajian no.30 : Mempermudah Kontrol Kepemilikan Ilmu Agama
Klik image di atas untuk memperjelas
Qola Rosulullohi SAW yaummul qouma aq'rouhum li kitabillah.....fa a'lamuhum bi sunnah.
Bersabda Rosulullohi SAW mengimami kaum lebih pandainya mereka membaca kitabillah......maka lebih banyak mengetahui mereka dengan hadits.
Hadits Riwayat Nasa'i.
Hadits di atas merupakan petunjuk dari Rosulullohi SAW dalam pemilihan siapa diantara kaum muslimin yang paling berhak menjadi imam.
Kalau aslinya hadits lebih panjang, namun di sini disingkat yang intinya saja sebagaimana judul postingan.
Prioritas pertama sabda nabi yang paling berhak mengimami sholat jamaah adalah yang paling baik bacaan Alqurannya.
Kalau imam bacaannya baik, benar sesuai hukum-hukum tajwid, suaranya enak didengar berarti barokah buat dirinya dan jamaah yang menjadi makmumnya.
Yang dimaksud bacaan baik dan benar itu paling tidak memenuhi empat kriteria.
A. Makhrojul khuruf yaitu tempat keluarnya huruf.
Semua huruf hijaiyah yang berjumlah 28 masing-masing mempunyai cirikas yang berbeda satu dengan lainnya.
Tempat mengeluarkan huruf dalam mulut harus diusahakan tepat. Karena beda mengucapkan maka boleh jadi artinya juga berbeda.
B. Panjang pendek bacaan yaitu hukum mad.
Panjang pendek bacaan juga penting untuk diperhatikan. Salah dalam melafadzkan panjang pendeknya juga dapat mempengaruhi artinya.
C.Hukum tajwid ; mendengung,jelas, samar dll.
Karena pentingnya mendengungkan ini sampai Rosulullohi SAW bersabda " barangsiapa tidak mendengungkan maka bukan golongan saya"
Teori bacaan alquran dapat dipelajari dengan hukum tajwid.
D.Kelancaran.
Setelah dasar teori dan prakteknya benar sesuai dengan ketentuan hukum tajwid, maka yang selanjutnya perlu dibiasakan adalah memperbanyak membaca alquran. Supaya bacaannya baik, benar dan lancar. Sebagaimana bahasa Inggris, kebiasaan melafadhkan pada lisan merupakan salah satu faktor penting untuk kelancaran bacaan.
Kemudian prioritas kedua (tidak ditampilkan ....
<fa in kanuu filqiroati sawaan fa aq'damuhum fil hij'roti>
maka jika ada mereka dalam bacaan sama maka yang lebih dahulu diantara mereka hijrahnya. Kebetulan nominasi nama-nama kandidat yang akan dijadikan imam sholat berjamaah dalam kemampuan baca qurannya sama, mungkin beda tipis sehingga sulit ditentukan. Maka cari mana yang lebih dulu insafnya ke dalam Islam.
kemudian <fa in kanuu fil hij'roti sawaan fa a'lamuhum bi sunah>
maka jika ada mereka dalam hijrohnya sama, maka yang lebih tahu di antara mereka terhadap sunah/hadits.
Keterangan dari potongan hadits di atas, jika waktu hijrah atau insafnya ke dalam Islam juga bersamaan maka siapa yang lebih banyak tahu hadits itulah yang menjadi imam sholat.
Kepemilikan ilmu agama baik alquran atau hadits yang ditandai dengan memiliki muskhaf dan sebanyak mana yang telah dikaji mempunyai peranan penting dalam melaksanakan pemilihan imam sholat berjamaah di kalangan umat muslim.
Saudara-saudaraku, sholat sebagaimana mengaji ilmu agama adalah amal sholih. Amalan yang didasari oleh niyat beribadah untuk mendapat rohmat dan ridhoNYA.
Mencari ilmu agama jika dilaksanakan sesuai dengan kaidah sebagaimana yang Rosulullohi SAW praktekkan bersama para sohabat insyaAlloh barokah (katsrotul khoir=banyak kebaikannya).
Sebagaimana model kajian yang telah dipraktekkan di majelis ta'lim kami sejak 1992 hingga sekarang membuahkan hasil yang barokah.
Intisarinya kemudian saya terbitkan bukunya yaitu metode ektubu meliputi empat langkah. Dalam buku itu saya uraikan 4M-LS. Memiliki, mengartikan, memahami dan mengingat.
Jika pada komunitas umat Islam paling kecil seperti surau, kemudian dilterapkan system 4M-LS di atas insyaAlloh mudah untuk mencari siapa yang layak menjadi imam sholat berjamaah.
Tentunya semua umat mempunyai niyat dan kesungguhan untuk sama-sama menghidupkan sunah tuntunan Rosulallohi SAW. Setelah diadakan pemilihan menggunakan kriteria di atas, semuanya supaya ridho. Ditunjuk menjadi imam sholat adalah amanah, termasuk jabatan kepengurusan ta'mir lainnya.
Jangan salah niyat ingin dipuji, atau sebaliknya takut menjalankan amanah karena merasa kecil, merasa tidak mampu.
Jika menetapi peranan kepengurusan ta'mir itu atas dasar pemberian dan dijalani dengan niyat karena Alloh semata insyaAlloh akan dimudahkan dan ditolong oleh Alloh. Tetapi jika atas permintaan sendiri didasari bukan niyat karena Alloh, mungkin keinginan yang tersembunyi ( syahwatan khofiyah) maka akan diberatkan oleh Alloh dan tidak akan diberatkan.
Subscribe to:
Posts (Atom)
Network Affiliate Publishing
Bagaimana usaha rumah makan , cave, restoran dari sisi penampungan tenaga kerja dapat lebih luas lagi. Tidak sebatas karyawan yang sudah mas...
-
Klik immage di atas untuk memperjelas qola sholallohu 'alaihi wa salam asyaddunasi khasrotan yaumal qiyamah rojulun amkanahu tolabu...
-
Klik image di atas untuk memperjelas 'An Abdillaih bin Mas'ud qola, qola Rosulullohi SAW innalloha qosama bainaku...
-
Klik gambar di atas untuk memperjelas "yarfa'illahu ladziina amanu walladziina utul 'ilma darojaatin wallohu bima ta'...