Sunday, March 19, 2023

Teropong Canggih Milik Alloh


" Sungguh telah datang " basho'ir " /alat melihat yang nyata dari Tuhanmu. Maka barangsiapa yang mempergunakan utuk melihat berarti manfaat bagi dirinya. Dan barang siapa yang membutakan diri (tidak mempedulikan) maka dialah orang yang rugi.....QS.6;104

Klw teropong biasa sebagaimana yang dipakai untuk melihat ro'yatul hilal atau microskup fungsinya hanya untuk melihat objek yang di depannya.

Microscope, dengan pembesaran objek hingga 1200 x 


Cermin berfungsi untuk bercermin diri, dengan pantulan objek.

Tapi Alqur'an dapat dipakai untuk melihat segala arah, meneropong object di depan juga untuk untuk  bercermin diri muhasabah.

Sebagaimana kandungan Alqur'an berisi : 

  • Kisah atau kejadian masa lampau.
  • Kejadian hari ini, bagaimana sifat2 manusia, jalan keselamatan menuju kampung akhirat (surga). 
  • Kejadian di masa depan prosesi kiyamat hingga akhirat . Sudah disebutkan dalam Alquran. Kalau haditsnya KSJN (Kitab Sifati Jannati wa Nar)

Alqur'an multi fungsi ( barokah) katsroul khoir /banyak kebaikannya. Sodaqollohu'adziim. Maha benar Alloh atas segala firmanNYA.

Mendeteksi hati seseorang, diri kita juga orang lain. Sudahkah layak masuk surga seperti golongan orang iman. Atau masih tergolong orang kufur. Harap kita berhati-hati, karena mengkufuri (tidak menerima) satu ayat saja, sudah cukup Alloh Swt menggolongkan hambanya masuk barisan orang kafir atau kufur.

Sebelum Mengoreksi Orang/Golongan Lain, Scan Hati Sendiri dgn Alqur'an

" khasibuu anfusakum qobla an tukhasabu" koreksilah dirimu sendiri (di dunia) sebelum kalian dikoreksi (di akhirat)

Ber- tadabur QS.4:69 sudah layakkah diri kita masuk surga bersama para nabi ?

# Tadabur , Langkah ke-4 Metode Ektubu.





No comments:

Ilmu , Batasannya Apa ?

Di era informasi akhir-akhir ini dunia  medsos menyedot banyak perhatian. Salah satu aplikan yang paling populer yaitu WhatAps. Piranti luna...