Waspada Dakwah



Da’wah Islam Rohmat Seluruh Alam


Islam adalah nama agama yang Alloh sebut dalam Al-quran surah al-maidah ayat 3 ……alyauma akmaltu lakum dinakum wa atmamtu ‘alaikum ni’mati wa rodhitu lakumul islama diinan…..

“Pada hari ini telah Aku sempurnakan agama bagimu dan telah Aku tamatkan nikmatKu dan Aku telah ridho Islam sebagai agama.”
Islam Sebagai Rohmat
Rohmat adalah kasih sayang. Di dalam surah Alfatikhah kata ar-rohman artinya Alloh maha pengasih. Sifat Alloh mengasihi “li jami’I kholqihi” untuk kesemua makhluknya. Sedangkan Ar-rokhiim artinya penyayang namun berlaku “lil mu’miniina khossoh” bagi orang iman khusus.
Surah An-nabia (21);107 “Dan tiadalah Kami mengutus engkau (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.”
Risalah yang dibawa Rosululloh Muhammad Saw berlaku mulai saat diberi wahyu hingga akhir jaman menjelang hari kiyamat. Berbeda dengan para rosul sebelumnya yang hanya berlaku pada jamannya sebelum diganti rosul berikutnya.
Da’wah Dengan Rohmat
Berasal dari da’a- yad’u-da’watun(da’wah) isim /kata benda, ajakan. Merupakan amal yang mulia karena mengajak manusia minadhulumati ila nnur. Dari alam kegelapan menuju alam cahaya.
Da’wah memang sepatutnya dengan kasih sayang bukan paksaan. Laa ikroha fid-diin tiada paksaan dalam agama. Toh sudah jelas mana yang benar diantara yang menyimpang. 
Waspada Dakwah Sesat
Dakwah adalah ajakan. Penting untuk dimaklumi bagi semua warga masyarakat bahwa tidak semua ajakan itu mengarah kepada kebenaran. Dalam hadits riwayat Abu Dawud dari Abu Huroiroh, Rosulullohi Saw bersabda “ Barangsiapa mengajak kepada petunjuk maka baginya pahala semisal pahala orang yang mengikuti, tanpa sedikitpun mengurangi dari kebaikan orang yang mengikuti. Dan barangsiapa mengajak kepada kesesatan maka baginya mendapat dosa semisal orang yang mengikuti, tanpa sedikitpun mengurangi dari dosa orang yang mengikuti”.
 
Sebagai warga masyarakat agar senantiasa waspada kepada setiap ajakan. Karena di akhir jaman terjadilah dakwah atau ajakan justru mengarah ke pintu jahanam. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori bagian kitabul fitan. Para sohabat bertanya kepada Rosulullohi Saw tentang kebaikan, namun Khudzaifah bin Zaman bertanya tentang kejelekan karena khawatir kejelekan itu menimpanya.Rosulullohi Saw menjawab “ Betul (kelak ada masa dimana tersebar) dakwah/ajakan menuju beberapa pintu jahanam, barang siapa mengabulkan ajakan itu akan masuk ke neraka jahanam.  Khudzaifah bertanya, wahai Rosulalloh jelaskanlah kepadaku cirri-ciri mereka. Jawaban rosul “ Mereka dari kulit2 kita (secara tampilan orang Islam) mereka berbicara dengan lisan kita ( fasih berbicara dengan dalil bahasa Arab).
 
Dari hadits itu, maka sepatutnya kaum muslimin wal muslimat tidak secara serta merta mengikuti setiap dakwah meskipun terlihat dengan bahasa dan tampilan yang menarik perhatian.
Pesan Rosulullohi Saw dalam hadits riwayat Malik dalam kitab Muwato’ “ Telah aku tinggalkan dua perkara, kalian tidak akan tersesat selama berpegang teguh kepada keduanya. Yaitu Kitabilah (alQuran) dan Sunah nabinya Alloh (hadits2 sokhih)
Kaum muslimin wal muslimat agar senantiasa mohon petunjuk (hidayah) kepada Alloh Swt agar program dakwah dapat berhasil membawa manusia menuju kepada keselamatan hidup di dunia hingga akhirat.
Dakwah Islam yang benar adalah rohmatan lil ‘alamin. Bukti kasih sayang Alloh kepada hamba di seluruh alam yang mentaati dan mengindahkan firmanNYA.