Pembahasan LPM Kajian No.1: Memperoleh Lipatan Pahala Besar

 Klik gambar di atas untuk memperjelas

Dari  Abu Dzar (sohabat) bersabda kepadaku Rosulullohi SAW 
" Hai Abu Dzar, niscaya jika engkau pagi-pagi belajar satu ayat dari kitabillah (Alquran) maka pahalanya lebih baik daripada engkau sholat 100 rokaat, dan niscaya jika engkau pagi-pagi belajar 1 bab hadits yang diamalkan atau belum diamalkan itu lebih baik daripada engkau sholat 100 rokaat "

Saudara-saudaraku, setiap kebaikan atau kejelekan yang diamalkan manusia kelak akan diperlihatkan dan tentu saja sebagai dasar hujah perhitungan /hisaban di akhirat. Senada dengan firman Alloh pada ayat 6-7-8 surah Az-Zalzalah (99) :
 
Ayat 6.  Pada hari itu (kiyamat) manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, akan   diperlihatkan kepada mereka (balasan) amalan mereka

Ayat 7.  Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarroh, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Ayat 8.  Dan barangsiapa yang mengerjakan kejelekan sebesar dzarroh, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

Pada ayat 6 yang dimaksud bermacam2 atau berbeda keadaannya terllihat dari wajahnya. Jika wajah berseri2 gembira maka dia sudah mengerti akan merasakan nikmat berikutnya dan hisapan makin dimudahkan. Namun jika wajahnya merah kehitaman karena muram , takut, menyesal dan sudah dirasakan sejak di dalam kubur selam penantian dari saat dimasukkan ke liang lahat (saat meninggal dunia) hingga hari kebangkitan. 

Pada ayat 7 &8 dzarroh=semut kecil atau biji sawi.
Sekecil apapun yang diamalkan manusia semua ditulis oleh malaikat yang tidak akan lepas memonitor setiap gerak-gerik kita.

Bagaimana memperbanyak amalan saat kita masih diberi kesempatan umur ini ?


Dari hadits Rosululloh SAW di atas maka dengan kita belajar / mengkaji ilmu agama dengan belajar ayat Quran atau hadits maka pahalanya sangat banyak.
Belajar yang dimaksud idealnya tidak saja mengetahui huruf , bunyi bacaannya yang berbahasa Arab, namun juga mengerti maknanya dalam bahasa kita.
Belajar satu ayat Quran lebih baik dibanding solat 100 rokaat. Rasanya berat ya kalau solat 100 rokaat dalam satu waktu, orang kita solat tarawih yang 11 rokaat saja terkadang lewat, terlebih yang 21 atai 23 rokaat..... :)
Dengan kita belajar 1 ayat Quran lebih baik drpd 100 rokaat solat, bukan karena remeh dan kecilnya pahala sholat, namun krn besar dan kefadholannya tolabul 'ilmi.
Terlebih mengkaji 1 bab hadits, lebih baik daripada 1000 rokaat,...... subhanalloh.
Tema yang kita kaji kali ini adalah hadits yang saya kutip dari Kitab Sunan Ibnu Majdah. 

Kesempatan belajar mengkaji dimudahkan dengan kemajuan di bidang teknologi informasi, monggo jangan sia-siakan peluang ini.  

Posting artikel relevan klik link di bawah ini , jangan lewatkan ya  

Tinta Tulisan Membandingi Darah Syuhada'





3 komentar

InsyaAlloh isi kitab akan diposting berurutan secara berkala,

Isi posting nya sangat bagus krn mebantu tuk saya dan org lain bs sama2 belajar dan mgerti makna nya... ��

Saya senang dgn ada nya postingan ni saya jd mgerti makna dari surat yg saya bc .dan ni sangt mbntu skali...👍