Friday, October 28, 2022

Manfaat Ke-Satu Kitab Muchtarul Adilah : Mengoreksi Amalan di Dunia

Ilustrasi : ditolak karena tdk sesuai order

" Maaf bu, ini pesanan siapa ? kemarin tas tripod yang saya pesan dengan anggaran sekitar 60 ribu, dan ibu sudah sepakat untuk membuatkannya. Kok ini dari kulit yang harganya 200 ribu".

Wah maaf sekali pak, saya yang salah bikinnya. Baik pak , akan saya buatkan yang sesuai dengan pesanan bapak. Sekali lagi maaf jadi mundur waktunya.

Cerita di atas, adalah kisah nyata yang dialami penulis sendiri.

Jika pesanan tidak sesuai maka ditolak, tidak diterima.

Apa yang terjadi di alam kenyataan ini jika kita sering men-Tadaburi hikmah dari Alqur'an dan Hadits, maka atas ijin Alloh Swt akan ada kesamaan dengan kejadian yang kita alami sehari-hari dengan ayat

Qur'an atau Hadits yang pernah kita kaji.

Demikian pula, orang beribadah "mempesembahkan peribadatannya" untuk Alloh Swt di dunia ini, kelak di akhirat ada yang ditolak atau mardudun.

Dasar hukumnya :

عن عبد الله بن الديلمي عن حذيفة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (لا يقبل الله لصاحب بدعة صوماً ولا صلاة ولا صدقة، ولا حجاً ولا عمرة، ولا جهاداً، ولا صرفاً ولا عدلاً، يخرج من الإسلام كما تخرج الشعرة من العجين)

'an Abdillah bin Adailamy 'an Khudzaifah rodhiyallohu 'anhu qola : qola Rosulullohi Saw "laa yaq'balullohu lisokhibi bid'ah shouman wa laa sholatan wa laa sodaqotan wa laa hajjan wa laa 'umrotan wa laa jihadan wa laa sorfan wa laa 'ad'lan yachruju minal Islam kama tachruju sya'arotu minal 'ajiin.

Dari Abdillah bin Adailamy 'an chudzaifah r.a berkata , Rosulullohi Saw bersabda "Alloh Swt tdk menerima org yg beramal bid'ah, kpd  puasanya, sholatnya, sodaqohnya, hajinya, umrohnya, perjuangan (jihad)nya, ibadah sunah-wajibnya , dia keluar dari Islam sbgmana rambut keluar dari adonan toti.

HR.Ibnu majah juz 1 hal.19.

Kitab Hadits Ibnu Majah. Penulis dapatkan kitabnya dan mengikuti kajiannya di Malaysia Desember 2003


Halaman 19 juz 1 Kitab Hadits Ibnu Majah


Saudaraku, amalan adalah bukti seorang taat kepada Alloh Swt, setelah syarat pertama, yaitu beriman.

Namun tentunya Iman dan amal sholih sbg bukti seseorang bertaqwa kpd NYA dapat diterima oleh Alloh Swt kelak di akhirat manakala sesuai dgn kehendak Alloh dan Rasulullohi Saw.

Lalu bgmn ?

Nah, itulah pentingnya mengkaji Kitab Muchtarul Adilah sub Kitabul Ahkam

قال : إن الله لا يقبل من العمل إلا ما كان له خالصا ، وابتغي به وجهه.

رواه النسائي قال الألباني : حسن صحيح

Sesungguhnya Alloh Swt tdk akan menerima dr amalan kecuali apa yg dimurnikan dan dicari dari amal itu wajah Alloh (niyat krn Alloh ) semata.

HR.Nasai.

Amalan adalah peribadatan yg dipersembahkan utk Alloh Swt.

Ilmu ibarat air.

Bahan penyusun persembahan tersebut diantaranya adalah air murni. 

Ilmu sebagaimana air, di jaman serba keterbukaan ini mencari ilmu agama sebagai landasan keyakinan dan amalan hendaknya disaring dgn 4 lapis filter.

Apa saja 4 lapis filter tersebut ?

Miliki dan pelajari bersama dgn Metode Ektubu menghadirkan pesantren di rumah Anda.

Baca juga artikel relevan :

Kitab Muchtarul Adilah

Anda Ingin Coba-coba Mengintip Alam Kubur ? Jangan Jika Takut Trauma

Ilmu , Batasannya Apa ?

Di era informasi akhir-akhir ini dunia  medsos menyedot banyak perhatian. Salah satu aplikan yang paling populer yaitu WhatAps. Piranti luna...