Tuesday, November 23, 2021

Cerita Berpahala

" Ya Aba Dzar niscaya jika kau suatu pagi belajar satu ayat dari kitabillah maka itu lebih baik daripada kau sholat seratus rokaat. Dan niscaya jika kau belajar satu bab dari hadits yang sudah diamalkan atau belum diamalkan, itu lebih baik bagimu daripada kau sholat 1.000 rokaat " Sabda Rosulullohi Saw dari Abu Dzar. Hadits Riwayat Ibnu Madjah

Magelang, Artamita Minggu 21 November 2021.

Kegiatan rutin pengkajian artamita (arti kata demi kata) yang di pelopori Keluarga Besar Artamita cabang Kota Magelang sudah berjalan 2 tahun terakhir. 

Kali ini Minggu, 21 November berlokasi di tempat les sekaligus domisili koordinator , Ibu Endang Pujiastuti. Dengan bantuan share lok google map cukup mudah untuk menuju titik kumpul Kampung Nambangan, Magelang Tegah, Kota Magelang.

Materi yang dikaji adalah KTH/Kitab Ta'sisu Himmati dan beberapa materi pendukung seperti cara belajar membaca dengan tajwid.

Kitab KTH yang isinya merupakan LPM/Lembaran Praktek Makna , mirip LKS/Lembar Kerja Siswa di sekolah pendidikan dasar.

 


Judul tulisan ini " Cerita Berpahala " mengutip hadits pada headline. Hadits , kata bahasa Arab artinya " cerita " dalam bhs Indonesia. 

Dengan diniyati karena Alloh Swt menyampaikan cerita (hadist) dari Rosulullohi Saw merupakan bagian ibadah, karena diperintah dalam Alqur'an dan Hadits.

Perintah Mencari Ilmu.

Dalam Alqur'an :

  • Surah Muhammad [47]:19 " Ketahuilah bahwa sesungguhnya tiada Tuhan melainkan Alloh ..." al ayah. Kata " Ketahuilah" dari فَاعْلَمْ adalah fi'il amr, kata perintah untuk mencari ilmu sehingga punya keyajinan bahwa tiada Tuhan selain Alloh.
  • Surah Anahl [16]: 43 "..... maka bertanyalah kepada ahli dzikir (alqur'an) jika kalian tidak mengetahui". Kata " bertanyalah" juga merupakan kata perintah.
  • Surah Ali Imron [3]:31 " Katakan (wahai Muhammad) jika kalian cinta kepada Alloh maka ikutilah aku (nabi) maka maka Alloh akan cinta kalian dan mengampuni dosa2 kalian...." Mengikuti Muhammad Saw sebagi rosul dapat diamalkan jika mengetahui kisah atau cerita (hadits) tentang contoh peribadatan nabi yang sokhih (valid). Caranya adalah mengkaji kitab-kitab hadits.
  • Surah alkhasr [59] : 7 " Dan apa-apa yang rosul datangkan kepada kalian ambilah , dan apa yang rosul cegah maka hindarilah....." . Untuk mengetahui apa yang rosul perintahkan atau dilarang maka caranya adalah mengetahui kisah rosul yang dilaporkan oleh para sahabatnya.

Dalam Hadits :

  • HR.Abdul Bar " Kalian mencarilah ilmu walaupun hingga ke negeri China, karena sesungguhnya mencari ilmu itu wajib bagi tiap orang Islam....." al hadits.
  • HR.Ibnu Majah " Menetapilah kalian (mencari dan mengamalkan) dengan ilmu ini (alquran dan hadits) sebelum ilmu ini digenggam (oleh Alloh), dan menggenggamnya dengan diangkat...." al hadits.
  • HR.Ahmad " Tulislah ilmu sebelum matinya ulama, karena sesungguhnya hilangnya ilmu beserta matinya ulama"

Baca Juga Artikel Terkait : 

Apa Itu KTH

Metode Mudah Belajar Mengkaji Qur'an Hadits Utk Pemula Segala Usia

Joint WOD Manfaaat Ke-3 : Biaya Iklan Gratis

Men-duniakan UKM Dengan Digital Marketing

 

 

 

 

 


Ilmu , Batasannya Apa ?

Di era informasi akhir-akhir ini dunia  medsos menyedot banyak perhatian. Salah satu aplikan yang paling populer yaitu WhatAps. Piranti luna...