Sunday, July 31, 2011

4 Alasan Utama Orang Datang ke Majelis Ta’lim


Kata serapan atau kata yang sudah lazim didengar dan diucapkan oleh masyarakat serta dimengerti maksudnya, “ majelis ta’lim “ berasal dari Bahasa Arab. Majelis dari asal kata dasar (fi'il/kata kerja) jalasa = duduk => majelis = tempat duduk, sedangkan ta’lim asalnya alamata’al-lama = belajar. Sehingga maksud secara lengkapnya kurang lebih adalah tempat duduk bersama dalam rangka proses belajar dan mengajar ilmu agama atau istilah singkatnya “tempat pengajian”.
Karena banyaknya manfaat majelis ta’lim di balik berbagai kegiatan yang ada di dalamnya , maka hingga kini majelis ta’lim masih menjadi idola bagi masyarakat yang haus akan ilmu agama sebagai penerang jalan kehidupan.
Dari aspek tujuan pembelajaran, maka majelis ta’lim diibaratkan sekolahnya orang calon sukses akhirat” sedangkan pembelajaran umum di SD, SLTP, SLTA adalah “ sekolah orang calon sukses dunia .
Meskipun bentuk kegiatannya bersifat jama’ atau dikerjakan secara bersama-sama, namun dalam kenyataan pelaksanaanya boleh jadi dilaksanakan di masjid-masjid, mushola, rumah perorangan, bahkan tidak menutup kemungkinan dilaksanakan di alam terbuka.
Alhamndulillah kegiatan mengaji di tempat pengajian kami yang berlokasi di masjid an-Nur , sudah berusia 16 tahun hingga saat posting tulisan ini.
Dari tahun ke tahun jumlah peserta / jamaah majelis ta’lim kian bertambah jumlahnya.
Apa saja factor-faktor pendukung yang membuat mereka para jamaah selalu ketagihan mengikuti pengajian, sehingga tetap lestari hingga sekarang ?
Inilah , 4 Alasan Utama Orang Datang ke Majelis Ta’lim

>
1
Majelis ta’lim sebagai pusat pembelajaran ilmu agama Islam ibarat sumber mata air yang tiada habis-habisnya ditimba sebagai penyejuk jiwa, penyeimbang kehidupan. Para peserta pendapatkan siraman rohani. Pemahaman yang benar dari dasar ilmu agama Islam yaitu Al-Quran dan Al-Hadits para jamaah pengajian memiliki pandangan hidup yang jauh ke depan sehingga memiliki sikap positif dalam mengarungi kehidupan dunia yang sebentar ini.

>
2
Setiap kali pulang dari majelis ta’lim, para jamaah pengajian mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan agama yang berkesan di dalam hati sanubari sebagai bekal dalam memenuhi tugas melaksanakan ibadah, langkah hidupnya terasa ringan diterangi cahaya iman yang terang benderang.

>
3
Dengan metode pembelajaran yang “face to face” memudahkan para peserta pengajian dalam memahami suatu keterangan dari kajian Al-Quran dan Al-Hadits , dan apabila ditemukan suatu kejanggalan , masing-masing peserta mendapat kebebasan untuk mengajukan pertanyaan dan langsung ditanggapi. Inilah yang membuat mereka merasa puas dan mempertebal keyakinan.

>
4
Karena seringnya bertemu dalam suatu kegiatan, maka hubungan antar sesama jamaah menjadi semakin akrab, dimana-mana banyak teman dan tumbuh rasa persaudaraan. Amalan ibadah yang tadinya terasa berat karena banyak temannya maka menjadi terasa ringan.
Itulah diantara alasan yang membikin mereka lestari dan selalu hadir mengikuti pengajian di Majelis Ta’lim Bina Nurani Istiqomah yang dilaksanakan dua kali dalam satu pekan hari Senin dan Jumat, kecuali bagi jamaah yang sedang ada udzur mereka titip ijin kepada peserta lain yang hadir, atau menyampaikan langsung ke ta’mir.
Bagaimana tanggapan Saudara, silahkan ajukan usulan, comment dll.

Baca Juga 

Dua Kalimat Dicintai Alloh, Ringan di Lisan Berat di Timbangan (Akhirat).

Sunday, July 10, 2011

8 System Pembelajaran Dalam Islam


System pembelajaran dalam Islam dari tahun ke tahun semenjak masa hidup Rosulullohi SAW hingga era globalisasi sekarang ini kian menunjukkan pengembangan dalam hal model penyampaian ilmu dari guru kepada murid, apa saja , langsung mari semak bersama.

(1) As sama' : Guru membaca , murid mendengarkan (digunakan pada periode awal sahabat).

Cara ini paling direkomendasikan karena cara inilah yang rosululloh contohkan kepada para sohabat. Sebagaimana pesan Rosulullohi SAW “Kamu semua mendengarkan, kemudian didengar dari kamu dan kemudian didengar dari orang yang mendengarkan padamu”

Dengan metode mendengarkan, berarti antara guru dan murid berada dalam satu majelis, sehingga terjadi interaksi. Pemindahan ilmu dan pengertian sangat efektif, karena ketika murid tidak atau belum jelas tentang suatu pengertian maka dapat langsung bertanya sehingga menambah pemantapan dan keyakinan. Gerakan dalam memberikan penjelasan dapat lebih memperjelas pemahaman terlebih praktek gerakan ibadah seperti sholat, wudhu dll.


(2) 'Ard/Qiroah : Murid membacakan pada guru (kemudian mulai umum digunakan setelah assama')

Jumhur Ulama salaf (sahabat/tabiin) menyebutkan cara yang pertama lebih utama dibanding cara yang kedua, namun ada ulama setelah tabiut tabi'in yang menyebutkan bahwa kedua cara tersebut mempunyai nilai yang sama, antara lain Imam Thahawi (wafat 328 H) yang menuliskan dalam sebuah kitab tentang kesejajaran kedua metode tersebut. (Azamy hal. 45)

Cara yang demikian dilakukan manakala muridnya sudah lancar membaca kitab dan mempunyai pemahaman yang mendasar.

(3) Ijazah : mengizinkan seseorang untuk meriwayatkan hadits/kitab berdasarkan otoritas/wewenang (ulama yg punya kitab) tanpa dibacakan (muncul setelah abad ke 3, misal si A mengizinkan B menyampaikan sahih Bukhori maka B harus menemukan/ memakai salinan sahih Bukhori yang berisi sertifikat yang memuat nama si A).

Contoh : Jaman sekarang dilakukan oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani (wafat 1420 H / 1999 M) mendapatkan otoritas utk menyampaikan hadits berdasarkan Ijazah dari gurunya yaitu Allamah Shaykh Muhammad Raghib at-Tabaagh, dan tidak mendapatkan ilmu haditsnya dari baca-baca buku sendiri. Dikatakan juga di tulisan ini bahwa sekarang Ijazah (otoritas) penyampaian telah diserahkan Syeikh Albani kepada Syeikh Ali Hasan, dan ilmu hadits Syeikh Albani telah dites oleh Dr Azami.


(4) Munawalah : menyerahkan pada murid kitab/hadits. (misal Az Zuhri wafat 125 H menyerahkan kitabnya pada ulama-ulama), Ini riwayatku dari fulan, maka riwayatkanlah dariku maka kitab itu dibiarkannya padanya untuk dimiliki atau disalin.

Ini tidak umum pada masa awal (sahabat), Periwayatan seperti ini boleh dan derajatnya lebih rendah dari as-sama' dan al-qiro'ah.

(5) Kitabah : menulis surat pada seseorang (korespondensi).
Dilakukan pada masa khulafaur rasyidin, surat2nya (khulafaur rosyidin) sering mengandung hadits yang diriwayatkan para ulama.

(6) I'lam : menginformasikan seseorang bahwa dia (si pemberi informasi) telah mendapat izin untuk meriwayatkan bahan tertentu. Yaitu seorang syaikh memberitahu seorang muridnya bahwa hadits ini atau kitab ini adalah riwayatnya fulan, dengan tidak disertakan izin untuk meriwayatkan dari padanya. Para ulama juga berselisih dengan metode ini.

Adapun lafadz yang digunakan periwayat berkata "A'lamani syaikhi", artinya guruku telah memberitahu kepadaku. Sebagian ulama membolehkan, sebagian lain tidak. Cara ini sulit dilacak pada masa-masa awal juga kesohihannya diragukan.

(7) Wasiyah : mewasiyatkan bukunya pada seseorang. (seorang syaikh mewasiatkan disaat mendekati ajalnya atau didalam perjalanan, sebuah kitab yang ia wasiyatkan kepada sang perawi. Riwayat ini sebagian ulama mengatakan boleh, sebagiannya mengatakan tidak boleh dipakai, dan yang shahih adalah tidak boleh). Contoh Abu Qilabah (wafat 104 H) mewasiyatkan kitabnya pada Ayyub Al Sakhtiyani.

(8) Wajadah : menjumpai buku/hadits yang ditulis seseorang, seperti kita datang ke perpustakaan kemudian kita membuka / membaca2 hadits/kitab. Ini yg paling banyak ditentang ulama, karena sanadnya putus/mursal. Karena sanadnya putus , sedangkan mutashil (sambungnya) sanad merupakan salah satu syarat kesohihan matan (isi) hadits, dengan demikian pengertian yang diperolah dengan cara ini tidak sohih.

Friday, March 11, 2011

Saturday, February 19, 2011

Inilah 3 Penyebab Malaikat (Rohmat) Tidak Masuk ke Rumah !


Sabda Nabi Muhammad SAW " Tidak masuk (siapa) malaikat ke dalam rumah yang di dalamnya ada anjing, gambar timbul, dan orang yang junub".

Catatan : kata siapa dalam kurung merupakan kata sambung atau kata bantu bahwa kata berikutnya adalah pelaku /subyek atau "isim fail ".

Keterangan , Malaikat yang tidak masuk ke dalam rumah adalah malaikat kebaikan yang menebarkan rohmat. Bukannya malaikat maut, kalau malaikat yang satu ini tidak peduli bagaimanapun dan di manapun seorang hamba kalau sudah habis batas umurnya maka akan didatangi dan dicabut nyawanya.

Anjing, cukup jelas. Dikisahkan ketika Malaikat Jibril akan menemui Nabi Muhammad SAW, setelah sampai rumah Nabi ternyata Malaikat tidak mau mendekat. Setelah Nabi bertanya ternyata malaikat menjawab bahwa di rumah /depan pintu ada seekor anjing.
Memelihara anjing bagi seorang mu'min adalah banyak mudhorotnya karena najisnya termasuk najis berat.

Kemudian penjelasan gambar timbul adalah gambar yang menyerupai makhluk hidup yang bernyawa, dan gambar itu dapat diraba. Relief termasuk, terlebih patung. Beda kalau hewan asli buatan Alloh yang dikeringkan dibikin sebagai hiasan misalnya, itu "laa ba'sa" tidaklah bahaya.

Sedangkan Orang Junub maksudnya orang yang menanggung keadaan yang mewajibkan mandi junub namun belum melaksanakan mandi junub secara benar atau sudah melaksanakan mandi junub namun belum sah karena tidak /belum sesuai dengan petunjuk Rosulullohi SAW.
Keadaan yang mewajibkan manji junub atau janabat antara lain seorang yang mimpi atau tidak lalu keluar sperma/mani, suami dan istri yang selesai dari berhubungan badan (jima'), seorang yang habis memandikan jenazah, atau kaum wanita yang selesai /telah selesai dari haidh/menstruasi.

Mengingat pentingnya dalil di atas maka perlu diperhatikan betul2 agar malaikat kebaikan tetap sudi masuk ke dalam rumah , agar rumah kita menjadi damai, bersinar dan barokah.


Monday, February 14, 2011

Demi Kebaikan, Bolehkah Berbohong ?

Melalui Forum Interaktif Belajar Islam di Madrasahonline.net
Saudara Azmi Desatrio menulis sbb :

Assalamu'alaikum wr wb

Bagaimana hukumannya berbohong tapi demi kebaikan?

Untuk membahas pertanyaan di atas dalil yang relevan di bawah ini



'An Asma' binti Yazida qolat qola Rosulullohi SAW laa yakhilul kadhibu il-la fii tsalatsin, yukhaditsu rojulu imroatahu liyurdhiyaha wal kadhiba fil kharbi wal kadhiba liyushliha baina nas.

Ok langsung kita artikan kata per kata dari hadits itu,

Dari Asma' binti Yazid, dia berkata (bahwa) Rosulullohi SAW bersabda tidak halal berbohong kecuali dalam 3 perkara, yaitu seorang laki2 (suami) berbohong kepada istrinya (bertujuan) untuk menyenangkan istrinya, berbohong dalam peperangan dan berbohong untuk mendamaikan sesama manusia.

Jadi begini, pada dasarnya berbohong/dusta atau berucap pada sesuatu tetapi tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya adalah perbuatan dosa dan dilarang dalam agama Islam, namun dalam urusan tertentu berbohong menjadi diperbolehkan bahkan dalam keadaan darurat sangat diperlukan dan harus "berbohong".

Seorang suami yang dibelikan baju oleh istrinya, dalam hati kecilnya tidak suka dengan baju itu, namun untuk menyenangkan istri dia jadi berbohong. Ketika ditanya " mas ini aku belikan baju buat suamiku tersayang, dipake ya...." lantas baju itu dipakai. Bahkan sering kali dipakai. Ditanya lagi sama istrinya " wah bajunya dipake terus ya mas..." dijawabnya " Terimakasih ya mah, aku suka sekali sama baju ini" dengan penuh semangat.
Padahal kenyataan dalam hati kecil " uh baju apaan ini , aku gak selera biar aja aku pakai terus supaya cepat rusak dan gak layak pakai lagi".
Nah itu kan bohong tapi hasilnya baik, istri jadi bangga. Coba kalau dari pertama suaminya jujur....wah bisa2 istrinya jadi mogok gak mau masak.....berabe.

Kemudian saat dalam peperangan seseorang berhasil ketangkap sama musuh lalu diinterograsi " di mana markasmu" dia jawab " saya tidak tahu" . Itu juga bohong. Tapi tujuannya baik yaitu menyelamatkan pasukannya yang jumlahnya banyak. Dia tetap berbohong sekalipun disiksa hingga dibunuh, prinsipnya biar aku disiksa hingga mati yang penting pasukanku selamat. Ya, kalau jujur maka dalam waktu tidak lama seluruh pasukan dengan segala perlengkapan akan dibinasakan musuh.
Bohong dalam perang adalah strategi supaya dapat mempertahankan diri atau menang.

Lalu berbohong untuk mendamaikan antara sesama manusia yang sedang berseteru, itu juga boleh.
Biasa seorang yang sedang tidak suka pada orang lain, dia akan mencari partner untuk memperkuat posisinya, dan merongrong lawan seterunya.
Bagaimana melihat antara sesama saudara beriman yang sedang berseteru , tentu saja tidak nyaman dan berusaha bagaimana biar antara mereka dapat ishlah / berdamai kembali.
Si rojul (seorang yang akrab dengan kedua orang yang berseteru ) ditanya sama Suto " gimana si Noyo menurutmu ? benerkan omonganku, dia tuh orangnya licik dan apa yang kau dengar darinya saat membicarakanku? " Nah si rojul ambil inisiatif untuk -berbohong- " ah tidak kok, tadinya memang dia begitu tapi sekarang dia berubah, sepertinya dia sudah sadar dan kemarin saat ketemu saya, dia berkirim salam buatmu ".
Karena itikad baik dari rojul tadi Si Suto pun jadi sadar juga, secara bertahap mereka mau menyadari kesalahannya dan saling memaafkan hingga berdamai kembali.
Itu juga boleh, justru kalau dilihat usahanya si rojul bahkan mendapatkan pahala karena telah berjasa mendampaikan diantara dua orang iman yang memangnya harus bersaudara.

Ok, jadi intinya berbohong demi kebaikan itu boleh. Tentu saja kebaikan itu ukurannya dilihat dari hasil akibat terakhir dari proses bohon itu. Si istri jadi tetap bangga dan setia kepada suami, pasukan perang dapat selamat bahkan menang dalam peperangan, dan dua orang yang tadinya berseteru menjadi damai kembali.

Catatan: seandainya memungkinkan , paparan dalil yang masih belum diartikan harap diprint out. Silahkan mempraktekkan mengartikan kata demi kata dengan cara menyontek dalil yang bagian bawah sudah ada artinya.
Simpan baik-2 sebagai ilmu simpanan yang tidak mungkin dicuri.

Ada ketidakjelasan dalam apapun hal, jangan sungkan2 layangkan pertanyaan ke dalam kolom komentar.


TTD
Hari Wuryanto, S.Pd
085868841535/082138073697










Diperintah Bertanya

  Bismillah