Sunday, July 11, 2021

Bag.1 dari 2 Artikel : Peluang Besar Di Tengah Pandemi, Berikut Ini Salah Satunya.



" Maka sesunggunya beserta kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan".

Firman Yang Maha Pencipta pada surah Assarh [94]:5-6, ini layah diangkat jadi head line tulisan kali ini. Di saat masih dibelakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sebagai dampak pandemi Covid-19 hampir mayoritas kegiatan ekonomi masyarakat juga mengalami kelesuan.

Sektor pendidikan, industri, pariwisata, produksi, kuliner sangat terasa dampaknya bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Bagi pemilik usaha maupun tenaga kerja. 

Namun sesuai ayat di atas di balik kesulitan ada kemudahan. Di tengah pandemi malah terbuka peluang usaha yang mungkin belum terpikirkan oleh mayoritas masyarakat.

Teknologi semakin maju. Manfaatmya dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat.


Jualan premium tidak perlu lagi dengan memasukkan ke dalam jirigen literan, mengangkat lalu menuangkan. Cukup dengan menekan tombol angka. Premium langsung dimasukkan ke tangki bahan bakar kendaraan sesuai jumlah liter yang diinginkan. Praktis, efisien dan efektif.

Tapi untuk membeli Dispenser mini pom "Digital Technology" berapa modalnya ?. Berapa lama kembali modal. 

Hasil Observasi Fakta di Lapangan

Kegiatan perekonomian dengan memanfaatkan "Teknologi Digital" banyak ragamnya. Produk yang ditangani pun berbagai bentuk. 

Nah. produk yang dihandle dengan digital mini pom adalah bahan bakar premium , pertamax. Itu " Produk Fisikal". Selain produk fisikal ada kebutuhan masyarakat juga yang tidak kalah pentingnya yaitu " Produk Digital" diantaranya e-book atau elektronik book. buku yang dibaca dengan alat elektronik laptop. co,puter , hp. 

E-book Membangun Bisnis Informasi (MBI) Produk Utama WODD.

Warung Online Digital Duainvesta menawarkan ebook MBI dipasang dalam etalase dama website duainvesta.com.

Berikut studi banding antara "Jualan Pertalite" dengan "Jualan Ebook MBI" dari aspek Lima -Si. ( Produkdi-Promosi-Transaksi-Distribusi-Afiliasi.

  • I. Produksi.

Proses pengadaan atau pembuatan barang yang diperjualbelikan. Barang harus ada dan manfaat nyata buat kehidupan. Meski tidak dapat dipegang tapi terasa manfaatnya , bukan barang alam gaib ;)

Pertalite :

Diproses oleh perusahaan pertamina. Pengusaha membeli (kulakan) ke pom bensin atau disuplay oleh pemasok/suplayer.

Ebook MBI:

Sepenuhnya diproses dibuat di depan computer. Tetap tidak keluar rumah.

  • II. Promosi

Cara memberitahu kepada publik akan keberadaan produk/jasa yang ditawarkan. Seberapapun canggihnya barang kalau tidak promosi tidak akan diketahui publik. 

Pertalite :

Ditempatkan di posisi yang mudah dilihat orang yang lewat. Bukan disembunyikan di belakang rumah. Dapat dilakukan dengan cara offline , misal pasang spanduk, papan petunjuk, salebaran, brosur. Juga dapat dipromosikan lewat online misal lewat WA , bahwa " saya sudah pasang Mini Pom lho" atau status di Fb, WA, Instagram. Untuk memberitahu khalayak.

Ebook MBI:

Sama dengan di atas. Dapat dilakukan dengan offline atau online. Untuk offline WWOD dapat menampilkan produk utama yang berupa buku fisik sebagai sample. Di ruang kantor Duainvesta. Peoduk-produk milik UMKM yang dipromosikan dengan online di etalase warung online, dapat ditampilkan juga barangnya di alam nyata, dapat dipegang. 

  • III. Transaksi

Aktifitas inti dari jual beli adalah transaksi. Setelah kesepakatan (aqad) terjadi, saatnya pembeli menyerahkan uang seharga barang yang dibeli dan penjual menyerahkan barangnya ke pembeli.

Pertalite :

Secara umumnya uangnya diserahkan secara offline ke penjual hampir bersamaan pertalite dialirkan ke tangki kendaraan.

Ebook MBI:

Dapat dilakukan secara on;ine dengan transfer lewat mesin ATM. Bagi yang sudah memasang aplikasi Mobil Banking di Hp, transfer dapat dilakukan dari rumah sambil pijit tombol hp di atas bantal atau di kasur yang empuk. 

  • IV. Distribusi

Penyaluran barang produk yang dipesan kepada customer/pengguna.

Pertalite :

Karena barang " Produk Fisikal" mau tidak mau harus diangkat, dipindahkan ke tempat pembeli. Pertalite langsung dituangkan ke tangki kendaraan yang berada dekat dengan mini pom. Untuk barang produk lainnya dengan mengirim lewat kurir/jasa pengiriman barang, kargo. Untuk eksportir dengan wadah kontainer dibawa dengan mobil berat, trailer.

Ebook MBI:

Barangnya jenis " Produk Digital". Pengiriman kepada customer nyaris tak terbatas lokasi selama terkoneksi internet. Pembeli dari Kalimanatan dikirim ebooknya sampai di tempat dalam hitungan menit, bahkan hitungan detik, jika coneksi internet maknyus, cepat. Pemilik produk dapat mengirim ebook sambil nongkrong di angkringan. 

  • V. Afiliasi

Program yang dilakukan oleh pemilik usaha membuka kepada pihak lain untuk ikut bergabung bekerjasama dengan win-win principle.

Pertalite :

Rasanya sulit jika mini pom membuka kerjasama dengan perorangan umtuk ikut memasarkan. Tentu saja karena keterbatasan pangsa pasar. Kecuali penjual pertalite tingkat distributor. Merekalah yang membuka afiliasi bagi pemilik mini pom tersebut.

Ebook MBI:

Karena produknya jenis digital yang mana pengadaannya dapat dilakukan dengan copy. Sehingga stok barang melimpah. Promisonya dengan internet, sangat luas jangkauannya.

Maka pemilik usaha WODD dengan produknya ebook MBI membuka afiliasi dengan system Reseller.

Baca Juga :


 

No comments:

Diperintah Bertanya

  Bismillah