Sunday, March 22, 2020

Akhir Hidup Bersama Corona



Laman Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar) hingga Kamis (19/3) pukul 13.30 WIB mencatat jumlah kasus positif corona mencapai 22 orang. (CNN Indonesia/Damar)

Jumlah pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona di Jawa Barat terus bertambah menjadi 22 orang. Total kasus positif tersebut terpantau di laman resmi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar), Kamis (19/3) pukul 13.30 WIB.


Sehari sebelumnya atau pada Rabu (18/3) situs pikobar.jabarprov.go.id merilis 11 pasien positif corona.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200319140018-20-484963/kasus-positif-corona-di-jawa-barat-capai-22-orang


 Update Corona 22 Maret: 514 Kasus, 48 Meninggal, 29 Sembuh

 


Di berbagai belahan dunia virus corona menjadi trending topic.
Jika mengetik kata kunci " corona" di mesin pencari Google maka responnya About 2,270,000,000 results (0.59 seconds) 

Dalam pandangan umat yang berkeyakinan bahwa apa saja yang terjadi adalah sebagai akibat dari suatu sebab, termasuk hati-hati atau sembrono menghadapi bencana nasional ini, namun di sisi lain semua yang terjadi adalah atas kehendak Alloh juga. Alloh Swt yang maha tahu dengan apa yang dikehendakiNYA.
  • Cobaan bagi manusia

 الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

(Alloh Swt adalah dzat) yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun, QS.Al Mulk [67] : 2.

Dengan adanya kehidupan , awalnya manusia hidup dengan kelahiran di atas bumi ini dan kemudian meninggal (kan ) dunia ini , di hari kemudian Alloh akan mengetahui manakah orang yang berbuat baik, mengindahkan firmanNYA.
Sifat manusia secara umumnya punya perasaan takut dengan kematian. Demikian pula rasa kahawatir kekurangan harta benda, buah-buahan dll.
Sebagaimana disebut pada Surah Albaqoroh [2]:155

ولنبلونكم بشيء من الخوف والجوع ونقص ‏من الأموال والأنفس والثمرات وبشر الصابرين

Dan sungguh Kami berikan cobaan kepadamu, dengan rasa takut, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.Qodar Kematian.

 إِنَّ اللَّهَ عِندَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ 
 

Sesungguhnya Alloh, pada sisi-Nya pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

 

Kematian sudah ditaqdirkan, di bumi mana, tanggal berapa dengan cara apa.

Apakah hidup kita akan berakhir dijemput virus corona ? Alloh Swt yang maha tahu. Di sinilah manusia secara normal akan berupaya sebaik mungkin. Sejatinya dalam perasaan diri umat yang mengimani adanya hari kebangkitan setelah kematian, akan selalu takut jika amalannya tidak cukup bahkan dinyatakan salah di hadapan Alloh Swt. Kerugian yang amat besar dan penyesalan terbesar di hari kiyamat orang yang di dunianya sempat mengkaji friman Alloh Swt namun tidak melakukannya.

  • Momentum Taqqorrub ilallohi

    Keberadaan manusia di atas bumi ini hakikatnya orang asing. Sewaktu-waktu akan kembali asalnya yaitu di sisi Alloh Swt. Hanya saja saat kebangkitan kelak akan seperti apa, apakah dapat kembali ke asalnya surga atau tersesat. Maka dengan adanya wabah virus yang termasuk ganas ini, sepatutnya mengingatkan kita untuk bergegas " isti'dadzan" berkemas-kemas mana kala dijemput Malaikat Izroil sewaktu-waktu. 

Baca Juga :

Cara Efektif Menghindari Virus Corona

 

Penyesalan Besar Hari Kiyamat

 

Upaya Menghindari Virus , Tetap Mencari Rejeki dan Mengaji di Rumah 

No comments:

Ilmu , Batasannya Apa ?

Di era informasi akhir-akhir ini dunia  medsos menyedot banyak perhatian. Salah satu aplikan yang paling populer yaitu WhatAps. Piranti luna...