Tidak Punya Pensiun

Gambar hanya ilustrasi sesuai judul. Tidak bermaksud memberi penilaian terhadap indifidu tertentu.

Pada ilustrasi tampak orang tua yang lelah memikul barang dagangannya. Dari raut wajah usianya boleh jadi dia atas kepala 7 bahkan 8.
Tertatih-tatih menawarkan bisnisnya dengan berjalan kaki. 

Jika ada yang membeli maka beliau mendapatkan selisih harga antara modal dan penjualan. Itu keuntungannya. Jika tidak ada yang membeli maka nihil pendapatan. 

Di satu sisi yang boleh dibilang sebagai salah satu keunggulan model bisnis kakek itu, dia bebas tidak diatur atasan. Tidak ditegur juragan karena bekerja mandiri. Itulah karakter bekerja mencari rejeki di kuadran 2 Self Employee (S).

Tidak Punya Pensiun

Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja. Menurut UU No. 13 tahun 2003 Bab I pasal 1 ayat 2 disebutkan bahwa tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. 
Secara garis besar penduduk suatu negara dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu tenaga kerja dan bukan tenaga kerja. Penduduk tergolong tenaga kerja jika penduduk tersebut telah memasuki usia kerja. Batas usia kerja yang berlaku di Indonesia adalah berumur 15 tahun – 64 tahun. *)

Sumber *) :  https://id.wikipedia.org/wiki/Tenaga_kerja

Sebagaimana aturan yang masih berlaku saat tulisan ini dimuat, untuk PNS usia pensiun 60 tahun bagi guru.

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menaikkan usia pensiun anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari 53 tahun menjadi 58 tahun. Usia pensiun anggota TNI didatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.Jan 23, 2020

Beruntung bagi mereka yang terdaftar sebagai PNS, TNI/Polri, di saat fisik mulai melemah, bahkan psychis dan mental pada sebagian usia tua juga mengalami drop atau "ghoromi"/kepikunan, mereka masih terima pensiun.
Setiap bulannya tidak lagi bekerja, tapi masih gajian cukup buat kehidupan secara normal. Terutama kebutuhan jasmani , makan dan pakaian. Sedang untuk urusan papan, secara standar dapat membuat rumah dari hasil tabungan selama masa aktif bekerja.

Namun bagi kakek pada ilustrasi di atas tidak memiliki pensiun. Karena pola kerjanya mandiri. Di saat usia senja marih harus bekerja dengan fisiknya untuk mencari sesuap nasi. Pakaian juga dalam keterbatasan.


Apa Yang Terjadi 20 Tahun Mendatang Tergantung Keputusan Hari Ini.

Tentu ini bukan urusan melawan qodar, seolah dapat menentukan yang akan terjadi di masa depan.


Tapi manusia perlu berusaha agar mendapat hal terbaik di masa yang akan datang.

Sesungguhnya Alloh tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka” (QS. Ar-Ra’d [13]: 11).

Secara riel mereka para PNS atau TNI yang berusia 40 tahun, mereka akan  mendapatkan pensiun di masa tuanya, karena 20 tahun yang lalu membuat keputusan untuk mendafarkan tes PNS/TNI.
Jika tidak melamar , maka nasibnya akan berbeda.


Di saat usia sudah senja masih bekerja, karena tuntutan kebutuhan pokok. 

Pasif Income Bagi Non PNS

Jumlah Pegawai PNS pada 2017 sebanyak 4,28 juga pegawai. Jumlah tersebut, berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara yang dipublikasikan BPS.

Dengan jumlah penduduk Indonesia 267 juta jiwa, berarti hanya 1,603 %
Sedangkan 98,397 % harus berusaha dari sekarang, agar di masa tua kelak dapat hidup berkecukupan secara layak. Tetap mendapatkan aliran rejeki halal, pasif income atau punya aset yang dapat dipakai sandaran hidup, meski total tidak bekerja.

Bagaimana menikmati masa tua, dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik. Hal-hal yang beurusan dengan mencukupi kebutuhan dasar hidup seperti makan, pakaian dan kesehatan sudah tersedia secara layak. 
Sehingga pemikiran dan waktunya dapat dikonsentrasikan untuk mempersungguh ibadah dan akhirat.  


Hal itu yang mestinya menjadikan semangat dan motivasi yang kuat untuk berdoa dan berusaha secara nyata agar harapan dan cita-cita dapat terwujud.


Baca Juga Artikel Relevan :