Pengajian Muslimatan Di Pringwulung

PLT Kades Kradenan Bp.Pangripto memberikan sambutan.

" Pripun usahane kito, sing supados anak niku dados putro ingkang solih-solihah sik iso nylametake kulo lan panjenengan kedah dipun didik kanthi ingkang saestu" 

Demikian Gus Sam , sebutan Bpk Kyai Syamsudin dari Desa Mranggen, Srumbung dalam memberikan sambutan.
Bagaimana usaha kita agar anak bisa menjadi solih dan solihah yang dapat menyelamatkan kita, harus dididik dengan serius.

Pengajian Muslimatan NU kali ini Minggu, 1 Desember 2019 bertempat di halaman Masjid Alhuda Dsn Pringwulung, Ds.Kradenan, Kec.Srumbung , Kab .Magelang.
Lokasi masjidnya persis berada di depat rumah penulis. Hanya tersekat jalan kampung.

Alhamdulillah , pelaksanaan giat tolabul ilmi yang diagendakan setiap selapan hitungan hari pasaran Minggu Kliwon tersebut berjalan dengan lancar tanpa kendala hujan.
Tidak kurang dari 300 jamaah pengajian, hadir dari berbagai dusun se Desa Kradenan  menyemarakkan dengan penuh hikmat.
Bp.Kyai Syamsudin dari Ponpes Lembah Manah Mranggen, Srumbung
Tema maulid Nabi Muhammad Saw juga dibeberkan pada pengajian tersebut. Disamping pokok pembicaraan sebagaimana kepala tulisan di atas. Anak adalah titipan dari Alloh Swt yang juga sebagai fitnah/ujian bagi orang tua.

Sedangkan PLT Kepada Desa Kreadenan dalam sambutannya menghimbau kepada warga dusun jika masih ada RTLH atau Rumah Tidak Layak Huni segera melapor kepada Kepala Dusun untuk didaftarkan calon penerima bantuan.

Sementara Ketua Fatayat Desa Kradenan Ibu Miderrahayu dijumpai setelah memberikan sambutan menuturkan bahwa kegiatan pengajian muslimatan termasuk untuk menguatkan silaturakhim, memperbanyak kader kepengurusan ini, didanai dari infaq harian toples NU disamping dari sodaqoha jamaah pengajian yang hadir.

Suasana pengajian menjadi semarak dengan ibu-ibu dusun Pringwulung dengan seragam yang baru. Semangat yang penuh pengabdian tercermin di wajah-wajah mereka yang sumringah (cerah: red).

Ibu-ibu Dsn Pringwulung sbg team tuan rumah dan among tamu.
Beberapa personil unsur pengamanan dari BanSer juga senantiasa berjaga-jaga mengamankan jalannya kegiatan. Mulai dari penataan parkir kendaraan, hingga pemantauan lancarnya acara secara keseluruhan.


Pengajian diselenggarakan dengan model "tasma'un" asal kata سَمَعَ yang kemudian lebih dikenal dengan istilah sema'an yaitu guru / kyai membacakan ayat/hadits atau memberikan tausiyah, sedangkan para hadirin mendengarkan.
Metode ini merupakan salah satu variabel pendukung kedudukan suatu hadits mencapai derajat sokhih. Pada masa sohabat , yang kita jadikan dasar hukum, Rosulullohi Saw dalam hadits Abu Dawud bersabda " Kalian mendengarkan , kemudian didengar dari kalian dan didengar dari orang yang mendengar kpd kalian"
Mengaji memang ada ilmunya.
Semoga dengan terus mengaji secara kontinyu dan berkesinambungan, Alloh Swt berkenan memberi dan menetapkan kita di dalam hidayahNYA.

Terimakasih, matur syukur kepada panitia pengajian muslimatan secara keseluruhan yang telah menghadirkan nuansa tolabul ilmi di dusun Pringwulung. Tempat lahir penulis.
Sampai jumpa pada pengajian muslimatan , Minggu Kliwon yang akan datang 5 Januari 2020 di Dusun Karanggondang.

Baca Juga  

 

Cara Sohabat Mengaji Kepada Rosulullohi Saw 

 

4 Manfaat Mengaji Hadir di Majelis Ta'lim

 

Menghindarkan Penyesalan Di Akhirat