Zakat, Takaran apa Timbangan

Pelatihan amil zakat, dengan takaran sho'

Ingin Bayar Zakat Sendiri, Langsung ke Penerima, Bolehkah ?


Asalamu’alaikum, maaf mau tanya, apakah boleh klo kita bayar zakatnya sama saudara kakak dari ayah saya, terimakasih.

Sebuah pertanyaan yang masuk di group WA, KTH (Kitab Ta'siisul Himmah)
Zakat, asal kata  زكى
 زكى وزكاة    - يزكى – وزك

Terdapat 52 ayat yang mengandung kata زكى

Diantaranya Surah Ataubat (9); 103
Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan (harta) dan mensucikan (dari dosa)  mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Kemudian 
Pada ayat 60 :
Sesungguhnya zakat-zakat itu bagi untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, amil zakat, para mu'allaf (yang tunduk hatinya masuk Islam), memerdekakan budak, orang-orang yang keberatan hutang, untuk jalan Alloh dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Dari dua ayat di atas maka dapat ditarik albayinah (keterangan) bahwa :
  • Zakat Mal , untuk memberihkan harta yang di makan (jika telah mencapai batas nisob) sedang Zakat Fitrah untuk mensucikan diri dari dosa selama menjalankan ibadah puasa Romadhon.
  • Zakat diserahkan kepada amil zakat yang mengurus, menarik -menghitung dan menyalurkan kepada asnaf atau mustahiq (orang yang berhak menerima zakat.
Bagaimana , karena pertimbangan tertentu mengerti bahwa ada lingkunagn kerabat sedniri yang tergolong ekonomi lemah , kita ingin memberikan zakat ?
Sebagaimana pertanyaan di atas,jika ingin memberikan langsung kepada seseroang seperti yang kita inginkan , maka itu buka zakat melainkan sodaqoh/ sedekah (terminologi Jawa).
Dengan sedekah itu kita bebas menentukan sendiri kepada siapa dan jumlah nilainya berapa dan tidak harus berwujud beras.

Jumlah Besaran Zakat Fitrah, Timbangan atau Takaran ?

Di masyarakat pada umumnya mempunyai pengertian bahwa jumlah zakat seputar 2,5 sampai 2,7 kilo gram.
Terus bagaimana menurut sunah (tuntunan) aslinya dari Nabi Muhammad Saw ?
yuk semak hadits berikut :

" Rosulullohi Saw mewajibkan zakat fitrah satu sho' dari dari kurma atau satu sho' dari sa'ir (jewawut) kepada budak, orang merdeka, laki-laki, perempuan, anak kecil dan orang tua dari golongan orang Islam , dan Nabi memerintahkan agar zaka tersebut diseahkan (kepada amil) sebelum manusia keluar melakukan sholat ied" HR.Bukhori , Kitabu zakat, sohih.

Hadits sohih Bukhori meriwayatkan bahwa perintah rosul ukuran zakat adalah صَاعًا ( sho'an) isim, kata benda dengan menyebut unsur jumlah satu. Takaran atau volume (ُالْكَيْلَ). Bukan beratnya ( الْمِيزَنُ).
Jadi konversi /ukuran zakat, termasuk zakat fitrah adalah takaran satu sho'.
Kalau satu sho' itu kemudian ditimbang ( موزن) beratnya bisa 2,5, bisa juga lebih tergantung berat jenis beras tersebut.

Zakat fitrah ditentukan jumlahnya satu sho'. Berbeda dengan sodakoh sendiri kepada orang yang kita inginkan bebas. Mau 2 sho' atau berwujud uang untuk membeli beras sendiri, dll.

Kemudian, Rosulullohi Saw memerintahkan agar zakat fitrah dibayar sebelum manusia keluar dari sholat ied. Maksudnya adalah batas terakhir.
Pernah saya jumpai ketika akan menjalankan sholat ied al fitri di lapangan SD, terlihat amil tergopoh-gopoh membawa sekantong beras, dan panitia menahan khotib yang akan memulai mengimami sholat ied.
Rupanya ada jamaah yang ketahuan belum membayar zakat fitrah berhubung pulang dari merantau.
Amil yang dibentuk oleh musyawaroh ta'mir memang berkewajiban mengururi umat Islam agar dapat menjalankan ibadah termasuk kelancaran ibadah puasa termasuk zakat fitrah ( bagian dari 5 Sukses Romadhon).

Hingga tulisan ini diterbitkan 4 Juni 2019 bertepatan 30 Romadhon, monggo umat Islam barangkali ada yang belum menunaikan zakat fitrah , segera menghubungi amil atau ta'mir terdekat.
Jia di rumah belum punya alat ukur zakat (sho') boleh menitipkan uang ke amil. Tentu saja dengan ikror minta tolong amil untuk membelikan beras guna membayar zakat. Karena zakat itu bahan makan bukan uang.

Dengan zakat fitrah semoga seluruh arangkain ibadah selama bulan Romadhon Alloh terima sebagai amal sholih dan dibersihakn dari segala dosa dan kekhilafan yang mengurangi kesempurnaan ibadah Romadhon.
Allohumma Aamiin.