Rejeki Dari Hobby


Kegemaran yang dilakukan seseorang dengan intensitas tertentu, dapat memberikan efek rasa senang, refresh , kepuasan tersendiri bagi pelakunya. Itulah hobby. 

Untuk mewujudkan hobinya terlaksana tentu saja menghabiskan waktu, tenaga, pemikiran. Tak segan bahkan merogoh saku begitu dalam ngeluarkan biaya mulai dari yang kecil hingga yang mahal, tergantung dari jenis hobby tersebut.

Seorang yang hobinya offroad untuk membeli mobil dengan design khusus agar mampu menaklukkan medan berat dan sulit, tentu lebih banyak biaya yang dikeluarkan dibanding yang hobi mancing pada umumnya atau main game dgn hp. Alat pancing juga hp harganyapun bervareasi.
Dari sebuah hobby jika diseriusi dapat menghasilkan rejeki. Meski bukan termasuk golongan pekerjaan menurut data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DisDukCaPil). Musisi juga bisa jadi jutawan dari bayaran permainannya manggung menghibur banyak orang.
Beberapa pemain bola professional dapat mengumpulkan kekayaan dari “permainannya”. Sehingga cukup bahkan berlebih untuk ukuran standar kebutuhan hidupnya.
Dari dunia olah raga sebuah tulisan berjudul  “6 Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia” yang dilansir sebuah website, menempatkan Cristiano Ronaldo di posisi pertama terkaya. Pemain striker  yang membela klub Real Madrid ini hingga akhir 2017 tercatat mengumpulkan kekayaan hingga 8,4  trilyun.
Seniman, juga olahragawan tergolong keahlian professional yang dilakukannye sendiri sehingga oleh Pak Robet T Kyosaki aliran penghasilannya dikurung pada kuadrant 2 yaitu S, Self Employee . Baca selanjutmya 
Hobby Baru Era Digital.
Maraknya  penggunaan Hp dengan dukungan internet di berbagai lapisan usia, dari anak SD hingga lansia di atas usia 70 thn, mengesankan kin hap smart phone /hp pintar bukan lagi barang mewah.
Dengan kecanggihan teknologi di mana hp yang sudah terkoneksi internet nyaris mampu melakukan apa yg dikerjakan dengan layar lebar, computer atau netbook. Dengan berbagai fitur yang ditawarakan oleh beberapa penyedia produk dan jasa, kini konsumen dimanjakan dengan fenomena belanja via online. Memegang hp menjadi media hiburan mengasyikkan, seolah menemukan mainan baru.
Menggunakan hp dapat dijadikan hobby , dengan mengikuti suatu program tertentu dapat menghasilkan rejeki halal.