Wednesday, August 31, 2016

Pembahasan LPM Kajian no.34 : Cara Memilih Ketua Ta'mir














Klik image di atas utk memperjelas

.....Fa man saw-wadahu qoumuhu 'alalfiq'hi kana khayatan lahu wa lahum, wa man sa-wadahu qoumuhu 'ala ghoiri fiq'hin kana halakan lahu wa lahum.

....maka barangsiapa yang kaumnya menjadikannya pemimpin atas dasar kepahaman agama maka hiduplah dia dan kaum mereka, dan barangsiapa yang kaumnya menjadikannya pemimpin atas ketidakpahaman maka rusaklah dia dan kaum mereka. Hadits Riwayat Sunan Darimi juz.1 hal.79.

Ta'mir asal kata amaro-ya'muru  mengurus, memerintah.
Setiap komunitas umat Islam yang terwadahi masjid atau mushola di sana terdapat Ta'mir.
Ketua ta'mir yang terpilih dari hasil pemilihan berdasar suara terbanyak atau hasil musyawaroh mempunyai peran penting bagi jalannya pembinaan umat di lingkungan tersebut.

Sebagaimana organisasi apapun ketua diharapkan memegang kendali, mampu memberikan dorongan semangat, memberikan pengertian kepada pengurus lain. Dengan koordinasi yang rapih kepada semua pengurus sehingga dapat bekerjasama dalam menggerakkan semua anggotanya. Membawa menuju keberhasilan organisasi sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan.

Ketua ta'mir, jika yang dijadikan adalah orang yang paham maka dia dapat memberikan arahan sesuai dengan ilmu agama, dorongan dan suri tauladan baik kepada pengurus maupun kepada semua jamaahnya.
Tapi jika yang dijadikan adalah orang yang tidak paham, maka yang terjadi sebaliknya.



No comments:

Ilmu , Batasannya Apa ?

Di era informasi akhir-akhir ini dunia  medsos menyedot banyak perhatian. Salah satu aplikan yang paling populer yaitu WhatAps. Piranti luna...