Monday, July 11, 2016

Pembahasan LPM Kajian no.29 : Setiap Manusia Diminta Pertanggungjawaban













Klik image di atas untuk memperbesar

Anna Rosulallohi SAW qola alaa kul-lukum ro'in wa kul-lukum mas-ulun 'an ro'iatihi , fal imam al-ladzii 'alan naasi ro'in wa huwa mas-ulun 'an ro'iyatihi, wa rojulun ro'in 'ala ahli baitihi wa huwa mas-ulun 'an ro'iyatihi...al-hadits

Sesungguhnya Rosulallohi SAW bersabda ingatlah setiap kamu adalah penggembala dan setiap diri kamu ditanya dari gembalaannya, maka imam (yg mana) atas manusia sebagai penggembala dan dia ditanya dari gembalaannya, dan seorang laki-laki adalah penggembala atas penghuni rumahnya dan dia akan ditanya dari gembalaannya.

Gambaran bahwa rumah tangga ibarat bahtera ada benarnya.
Kalau gambaran nakoda terlalu besar, ya gambaran lain seorang laki-laki pemimpin rumah tangga ibarat pengemudi mobil.
Untuk dapat mencapai tujuan dengan selamat dibutuhkan beberapa persyaratan. Dalam mobil itu disamping pengemudi duduk seorang kernet. Tugasnya membantu pengemudi bersama-sama berupaya agar semua penumpang dalam mobil dapat selamat sampai tujuan.


Dalam hadits di atas setiap orang diminta pertanggungjawaban maksudnya di akhirat kelak.
Setiap kalian adalah penggembala, sesuai tingkatannya.

Seorang imam atau pemimpin umat menggembala umatnya mengarahkan menasihati juga diminta pertanggungjawaban.
Seorang suami juga ditanya bagaimana membina istri dan anaknya dalam rumah tangga.

Istri juga demikian ditanya tentang bagaimana mengurus rumahtangganya membantu suami membina anak-anaknya.

Bahkan di hadits lain seorang pelayanpun ditanyakan tentang bagaimana melaksanakan amanah dari Alloh SWT juga amanah atasannya.

Nah untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik tentu harus tahu iltmunya.

Maka dengan belajar mengaji melalui blog ini diharapkan bisa paham dan mengerti hak dan kewajiban agar dapat menjalankan tudas dengan benar dan kelak dapat lolos dari hisaban amal.

Seorang pengemudi harus tahu mana tempat yang akan dituju, bagaimana route perjalanannya tentu juga harus tahu teknik mengemudi mobil, karena keselamatan seluruh penumpan ada di tangannya.

No comments:

Kapan Dipanggil Alloh Swt

Semua manusia dilahirkan di atas bumi, kecuali Nabi Adam A.s. langsung dicreat dengan tangan Alloh Swt. Dalam kitab " Bad'ul kholqi...