Friday, July 1, 2016

Pembahasan LPM Kajian no.28 : Ingin Mendapat Nasihat Rosululloh SAW












Ketik image di atas untuk memperjelas
'An Abi Huroiroh 'an Rosulillahi SAW qola innadiina nasihat innadina nasihat innadina nasihat qolu li man ya Rosulalloh ? qola lillahi wa li kitabihi wa li rosulihi wa li a-immatil muslimin wa 'ammatihim.

Dari Abi Huroiroh dari Rosulillahi SAW bersabda sesungguhnya agama (itu) nasihat, sesungguhnya agama nasihat, sesungguhnya agama nasihat, berkata (mrk sohabat) bagi siapa wahai Rosulalloh? (yg berhak nasihat) bersabda rosul bagi Alloh dan bagi kitabnya Alloh dan bagi rosulillah dan bagi imamnya muslim dan umumnya mereka.

Sesungguhnya agama itu nasihat, Rosulullohi SAW bersabda hingga 3 X tentu karena pentingnya.
Nasihat merupakan masukan yang sangat penting terlebih bagi yang sedang memerlukan. Advice, nasihat dokter sangat diperlukan bagi pasien, karena di dalamnya penuh makna perihal cara penyembuhan penyakitnya.
Nasihat pengacara juga sangat dinanti bagi klien yang sedang dirundung probelma. Nasihat banyak bentuknya, terkadang perusahaan yang sedang tes market produknya juga meminta nasihat dari para konsumen barunya untuk memberikan kritik saran dalam bentuk isian kuisioner. Bahan masukan itu tentunya sangat dihargai kemudian dibahas bidang riset dan pengembangan, karena berhubungan dengan nasib produk yang dilempar ke pasar publik.

Nasihat agama, sangatlah luas. 
Agama itu nasihat, berarti tanpa nasihat , agamanya dipertanyakan ?

Norma agama yang yang sekarang sudah sempurna terkandung di dalam teks book, Kitab AlQuran dan Hadits.
Sedang muskhafnya sendiri secara fisik adalah benda mati. Hikmah atau kandungannya dapat menjadi hidup jika ada yang menghidupkan, memperagakan. 

Penasihat agama sangat penting fungsi dak kedudukannya terhadap jalannya agama itu sendiri.

Ketika sobahat bertanya, " siapakah yang berhak nasihat wahai Rosulalloh" dijawabnya dengan begitu tegas.

Alloh SWT menasihati umatnya dengan firmanNYA,
kemudian kitabillah / Quran juga sebagai media nasihat.

Rosulullohi SAW menasihati umatnya sebagai melaksanakan tugas dari Alloh SWT yang diembannya sejak saat diangkat menjadi Rosul.

Sedangkan untuk manusia ada "a-immatil muslim" pemimpin umat islam juga wajib nasihat, di samping sesama umumnya umat manusia.

Saudara melalui kajian ini meski kita belum pernah jumpa darat, saya juga menasihati diri saya sendiri juga umumnya para pembaca yang budiman, ayuk terus ikuti kajian ini semoga Alloh SWT memberikan hidayah untuk kita, harapannya dapat digolongkan hamba yang dirohmati Alloh SWT, dunia akhirat,
Allohumma aamin.     

 
    

No comments:

Kapan Dipanggil Alloh Swt

Semua manusia dilahirkan di atas bumi, kecuali Nabi Adam A.s. langsung dicreat dengan tangan Alloh Swt. Dalam kitab " Bad'ul kholqi...