Thursday, October 22, 2015

Pembahasan LPM Kajian No.4 : Melaksanakan Kewajiban













Klik immage di atas untuk memperjelas

Qola Sholallohu 'alaihi wa salam ut' lubul 'ilma walau bis-shin fa inna tolabal 'ilma fariidhotun 'ala kulli muslim innal malaikata tadho'u ijnikhataha ridhon bima yat'lubu

Bersabda (Rosulullohi ) SAW mencarilah (kamu sekalian) ilmu walaupun (sampai ) di negeri Cina, sesungguhnya para malaikat meletakkan sayapnya (menghormati,melindungi) kepada orang yang mencari ilmu karena ridho dengan apa yang dia cari. Hadits Riwayat 'Abdul Bar

Hadits lain yang senada dengan tema di atas berbunyi " carilah ilmu walaupun diantaramu dan ilmu itu ada terbentang lautan api ". 

Pada hadits pertama, bahwa mencari ilmu itu wajib dalam artian keharusan atas suatu konsekuensi sebagai hamba yang sudah berikrar dirinya muslim , orang yang menyerah. Kewajiban atau keharusan itu juga terbatas kepada suatu komunitas muslim. Kalau bukan muslim menurut hadits di atas tidak terkena kewajiban menuntut ilmu. 

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi tiap muslim, dengan kata lain tiap-tiap orang Islam wajib mencari ilmu. 

Boleh jadi timbul pertanyaan, ilmu apakah yang wajib dicari itu ? Apakah orang tua yang tidak mampu membaca tulisan tetap terkena kewajiban menuntut ilmu pengetahuan umum, ilmu fisika, ilmu alam dll?
Nah tentu saja ilmu yang dimaksud di sini juga ada pembatasan masalahnya. 

Yang dimaksud harus dipelajari dan jika tidak dilaksanakan terkena sanksi adalah 3 (tiga) macam ilmu yaitu ayatun muhkamatun (Alquran) kemudian sunah yang tegak (tuntunan rosul yang tegak) dan ilmu faroidh (bagi waris yang adil) diuraikan dalam Hadits Riwayat  Abu Dawud dalam Kitab Faroidh.


Hadits Riwayat Abu Dawud tersebut memberikan kepada kita kejelasan mana saja ilmu yang wajib dicari. Jika tidak ada pembatasan maka betapa sulitnya aplikasi/penerapan hadits di atas. Karena tiap-tiap orang Islam itu kan juga terdiri berbagai lapisan masyarakat kelompok umur, dengan berbagai latar belakang kemampuan. 

Jika menuntut ilmu agama ( Quran, Hadits dan Faroidh) itu diwajibkan kepada tiap muslim, memang sudah sepatutnya. Cara beribadah yang sesuai dengan tuntunan Rosulullohi SAW , hukum2, perilaku budi pekerti semua memang sudah terangkum rapih dalam kitab pedoman Islam tersebut. Adapun mengenai pelaksanaan menuntut ilmu agama, manusia diperintahkan untuk saling membantu satu sama lainnya. 

Ok, lanjut.
Sesungguhnya para malaikat menghormati, ......seperti orang sedang berjalan di jalanan memakai topi, kemudian bertemu dengan org yang disegani maka dia akan bicara dan buka topi sebagai tanda hormat. Atau juga membentangkan sayap untuk melindungi org yang mencari ilmu agama, berada di jalan Alloh SWT.  

Pada hadits pertama dan ke-dua, bahwa meski ada kesulitan dalam mencari ilmu namun karena pentingnya ilmu teap didorong untuk mengerjakan. Dari Arab (Makah-Madinah) menuju Cina, bukan jarak yang pendek, terlebih waktu itu belum ada alat transportasi secanggih sekarang. Namun Rosululloh SAW tetap menyuruh berangkat. Sedang hadits ke-dua meski ada penghalang lauan api, bagaimana usaha kita agar berhasil sampai seberang untuk mendapatkan ilmu agama. Motivasi yang sangat kuat.

Terus bagaimana praktek kita mengkaji ilmu agama pada era canggih ini ?

" Sebaik-baik kalian adalah orang yang (paling) bermanfaat bagi sesama manusia ", termasuk dalam hal belajar ilmu agama, siapa yang dapat memberikan bantuan kemudahan, dialah juga yang mendapat peluang pahala besar di sisiNYA.



Saudaraku, hadits yang kita berikan arti per kata dan dan hadits yg kedua sebagai penunjang , sama2 kedudukannya untuk memberikan pesan rosul betapa pentingnya menuntut ilmu.

Program blog ini yang dikreasi untuk membantu sesama yang ingin belajar mengkaji ilmu Islam dengan dukungan kecanggihan internet , rasanya merupakan alat yang "memanjakan" Saudara menikmati kajian di rumah. 

Cukup dengan biaya akses internet yang relatif murah, meski dalam keterbatasan minimal Saudara sudah dapat melaksanakan kewajiban , menuntut ilmu.
Jangan sampai sudah tersedia berbagai alat pendukung kemudahan, namun kita kurang termotivasi karena lemahnya semangat " tolabul 'ilmi "


Lampiran : Hikmah Nahwu Sharaf Bag.03

POKOK - POKOK PEMBAHASAN
ILMU NAHWU DAN SHOROF


Dilihat dari bentuknya tulisan dala bahasa Arab ada 3 (tiga)
  • 1. Huruf ( حرف ) , adalah tulisan paling kecil , dalam bhs.Indonesia adalah buruf abjad, A,B,C,D dst
  • 2. Kata ( كلمة ) , kata adalah gabungan beberapa huruf dan mempunyai arti ( saya اَنَا , makan اَأْكُلُ , roti اَلْخُبْزَ ).
  • 3. Kalimat ( قَوْل , كَلَام ) merupakan gabungan beberapa kata yang mengandung makna lengkap. Kata pada point 2 digabung menjadi اَنَا اَأَكُلُ الْخُبْزَ saya makan roti. 

Dalam penerapannya lihat rinciannya di bawah ini.

Kalimat yaitu lafadzh yang mempunyai arti, baik satu huruf, dua huruf ataupun lebih. Kalau dalam Bahasa Indonesia, kalimat dalam bahasa Arab tadi disebut dengan "kata".
Sedangkan kalimat dalam bahasa Indonesia kalau bahasa Arabnya dinamakan jumlah mufidah atau kalam atau qoul.

Contoh "kalimah" dlm bhs Arab atau "kata"  dalam bhs.Indonesia
Kalimat, dalam referensi lain disebut "kalam"

مِنْ  (min) = dari 

يَقْرَأُ  (yaq ro'u) = membaca

اَلْبَيْتُ (al baitu) = rumah

يَكْتُبُ  (yaktubu) = menulis     

كِتَابٌ (kitabun) = kitab atau buku

إِلَى (ila) = ke 

وَ (wa) = dan

اُكْتُبْ  (uk tub) = tulislah      

PEMBAGIAN KALIMAT ( الكلمة )

Kalimat dalam Bahasa Arab dilihat dari jenisnya ada 3 macam



bersambung......




5 comments:

Sudarmaji said...

Bagaimana dengan ilmu pengetahuan umum, apa tidak wajib ustadz?
Bukankan dengan pengetahuan umum akan dapat memajukan pemikiran masyarakat, meningkatkan ketrampilan untuk memperoleh pekerjaan yang layak. Dari bekerja itulah mendapat harta yang dipakai untuk kemjuan termasuk pembinaan umat, kelancaran dakwahpun tidak dapat dihindari dari yang namanya dana, Mohon jawabannya.....sukron katsiiron

Hari Wuryanto said...

Mas/Pak Sudarmaji,
Ya, ilmu pengetahuan umum atau dikategorikan ilmu dunia karena dilihat dari tujuan hasilnya, memang sangat penting.
Menurut sohabat Ali rodhiallohu 'anhu " man aroda dunya fa 'alaihi bil 'ilmi wa man aroda al-akhirota fa 'alaihi bi il'ilmi wa man aroda huma fa lalihi bil ilmi" = barang siapa menghendaki (sukses) keduniaan maka atasnya ilmu, barang siapa menghendaki akhirat maka atasnya ilmu dan barangsiapa menghendaki keduanya maka atas nya ilmi.

Hadits ini menjelaskan tentang tujuan /disiplin ilmu dan hasilnya. "atasnya" ilmu maksudnya mereka dituntut penguasaan ilmu tertentu untuk mendapatkan hasil yang ingin diperolehnya.




Hari Wuryanto said...

Jadi pada kenyataannya, ilmu pengetahuan umu/ilmu keduniaan memang penting sekali tetapi tidak wajib hukumnya bagi tiap muslim untuk mempelajarinya.

"barang siapa menghendaki (sukses) keduniaan....." sebagai contoh rielnya seorang ingin cari rejeki dengan menjadi tukang kayu saja, dia mesti belajar ilmunya lebih dulu, meski ilmu itu diperoleh melalui praktek langsung magang.
Lebih tinggi spesifikasi pekerjaan yang akan diraih tentu juga makin tinggi tingkat kompetensinya. Ingin sukses menjadi pegawai negeri misalnya, tentu harus sekolah formal.
Sifatnya hanya pilihan,mau belajar atau tidak tergantung kebutuhan.

Beda dengan ilmu akhirat atau ilmu agama yang sekarang sudah terperinci dalam kitab suci al-Quran dan kitab Sunah/hadits, tiap2 muslim dihukumi wajib.

Triana Anwar said...

Asalamualaikum wr wb

Pak Ustadz, melihat blog ini sy masih bingung. Kok ada tulisan arabnya terus di bawahnya ada tulisan dalam bhs indonesia. Maksudnya bgmana ?
Kalau penjelasan yang artikel di bagian bawah, ya memang insyaAlloh bisa paham sedikit2.
Memang cukup unik dan menarik, tapi untuk bagian atas sy masih bingung, semoga pak ustadz berkenan memberi penjelasan lebih lanjut.
Terimakasih sebesar2nya, semoga mendapat pahala yg setimpal atas jerih payah pak ustadz.

wasalam.

Hari Wuryanto said...

Wa alaikum salam
Mbak/Ibu.Triana Anwar,
Ya, sebagaimana program majelis ta'lim yang kita online via internet, ini adalah menampilkan system kajian yang sudah biasa kita laksanakan, yaitu mendalami pedoman agama Islam yang tidak lain adalah Quran dan Sunah (hadits), caranya adalah dengan langsung memaknai kata demi kata, sehingga blognya kita namakan ArTaMiTa singkatan arti kata demi kata.

Kalau Mbak /Ibu sudah download yang kita sediakan gratis di blog, kemudian hasil download itu diprint out, maka jadilah kitab itu dalam bentuk fisik/lmbaran.
Nah, Saudara dapat langsung menyalin dari tampilan di blog ke dalam kertas kitab milik Saudara sendiri.

Melalui program ini memang mengajak masyarakat luas untuk dapat praktek mengkaji sebagaimana metode yang dilakukan di pondok2 pesantren.

Jangan segan2 untuk konsultasi, aamin , semoga bermanfaat.

Diperintah Bertanya

  Bismillah